Vario 125 vs PCX 125 Spex Mirip Harga Njomplang, Bagaimana Di Thailand? 7 Maret 2012


1 Votes

Pasca launch Vario 125 yang kaya dengan vitur dan memang sudah injeksi, tentu banyak yang membanding-bandingkan dengan Yamaha Xeon 125 karena memang satu kelas yakni segmen 125 cc. Nah sekarang kalau justru kita bandingkan dengan interen produk Honda sendiri yakni PCX 125, mm secara kelas tampilan boleh saja beda jauh, wong harganya juga beda jauh, terpaut hampir 2 kali lipat, dimana Vario 125 hanya 15,1 dan 15, 9 juta sementara PCX 125 di kisaran 32 juta. Namun secara Spek mirip lo gan, kompresi sama-sama 11:1, sama-sama injeksi sementara power juga mirip, cuman beda dikit sebagai berikut:

Daya maksimum

:

Vario :11,3 PS / 8500 rpm

PCX : 11,7 PS/ 8.500 rpm

Torsi maksimum

:

1,1 kgf.m / 5000 rpm

1,19 kgfm / 6.000 rpm

Cuman sayang si PCX didatangkan secara BU dan Vario 125 dirakit di Indonesia jadi harga jauh beda.

Nah bagaimana perbandingan harga kedua motor matik ini di Thailand? Untuk honda Vario 110 standart dibanderoll 44,000 Baht atau sekitar Rp. 13,15 juta, sementara Vario125 FI yang di Tahailand disebut Clik i 125 FI kabrnya ibanderol 46,800 Baht atau setara dengan sekitar 13.9 juta Rupiah, harga ini bisa naik karena disana baru. launch jadi belum dipastikan harga otr atau ofr. Sementara PCX dibanderol Price 69,800 Baht atau sekitar Rp. 20,8 juta.

Nah berikut Spek Vario 125 vs PCX 125

Tipe mesin

:

Vario 125: 4 langkah, SOHC Liquid Colled

PCX 125: 4 langkah, SOHC Liquid Cooled

Diameter x langkah

:

52,4 x 57,9 mm

52,4 x 57,9 mm

Volume langkah

:

124,8 cc

124,9 cc

Perbandingan kompresi

:

11,0 : 1

11 : 1

Kopling

:

Otomatis, sentrifugal, tipe kering

Otomatis, sentrifugal, tipe kering

Starter

:

Pedal dan elektrik

Elektrik dengan sistem ACG Starter

Busi

:

ND U22EPR-9, CPR7EA-9

NGK CPR7EA-9

Sistem Bahan Bakar

:

Injeksi (PGM-FI)

Injeksi (PGM-FI)

Kapasitas tangki bahan bakar

:

5,5 liter bahan bakar

6,2 liter

Kapasitas minyak pelumas mesin

:

0,8 liter pada penggantian periodik

0,8 liter pada pengantian periodic

Transmisi

:

Otomatis, V-Matic

Otomatis, V-Matic

Aki

:

12 V – 5 Ah (tipe MF)

12 V – 5 Ah (tipe MF)

Sistem pengapian

:

Fulltransisterize, Baterai

Full Transistor, Baterai

Panjang x lebar x tinggi

:

1,904 x 689 x 1,103 mm

1.917 X 738 X 1.094 mm

Jarak sumbu roda

:

1,281 mm

1.305 mm

Jarak terendah ke tanah

:

128 mm

135 mm

Berat kosong

:

112 kg

125 kg

Tipe rangka

:

Tulang Punggung

Tulang punggung

Tipe suspensi depan

:

Teleskopik

Teleskopik

Tipe suspensi belakang

:

Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal

Lengan ayun dan peredam kejut ganda

Ukuran ban depan

:

80/90 – 14 M/C 40P

90/90 – 14 M/C 46P (Tanpa ban dalam)

Ukuran ban belakang

:

90/90 – 14 M/C 46P

100/90 – 14 M/C 57P (Tanpa ban dalam)

Rem depan

:

Cakram hidrolik dengan piston tunggal

Cakram hidrolik, dengan tiga piston

Rem belakang

:

Tromol

Tromol

Harga

:

15,1 std/15,9 cbs jt

32,05 jt

Nah perbandingan kedua motor ini yang tak jauh beda secara spek, namun njompang secara harga tentunya menjadi perhatian tersendiri bagi pemerhati otomotif, masak uang segitu banyak sekitar15 juta selisih, hanya dapat beda body doang? Weetentunya honda harus mendatangkan PCX tak secara BU agar harganya tak terpaut jauh kan dithailan meski beda harga banyak tapi tak sampe sejauh di Indonesia.