Skateboard Dikontrol oleh Gelombang Otak

Posted by chuppy Senin, 27 Februari 2012 0 komentar
Jika anda ingin menuju ke suatu tempat dengan terburu-buru…mungkin alat ini bisa menjadi solusinya,
Sebuah gadget terbaru  aplikasi ponsel dari Labs “Chaotic Moon” berbentuk skateboard yang diberi nama the Board Of Imagination. Skateboard ini bekerja dengan mengambil perintah langsung dari gelombang otak pengendara dan mentransfernya ke motor 800-watt yang mendorong papan ke depan. Hanya dengan memikirkan kemana tujuan anda, dan seberapa cepat Anda ingin ke sana, maka “the Board Of Imagination” akan take off – dengan kecepatan maksimal sekitar 50km/jam, namun jika Anda pikir itu terlalu cepat, maka kecepatan dapat disesuaikan.
Rahasianya ada pada software khusus dalam tablet Samsung onboard dengan Windows 8 – headset rapi yang memonitor dan menafsirkan gelombang otak.
Manajer umum Labs “Chaotic Moon” yaitu Whurley, menunjukkan bahwa ia telah menguasai seni berpikir dalam perjalanan dari titik A ke titik B.
Dia mengibaratkan proses ini seperti seseorang yang menarik diri dengan tali. Jika Anda melihat ‘tujuan dalam pikiran Anda, dan seberapa cepat Anda ingin sampai di sana, maka the Board Of Imagination akan melakukan sisanya.
Seluruh konsep berawal dari ide menciptakan sebuah skateboard yang dapat dikendalikan lewat pikiran seseorang. Gadget yang digunakan yaitu tablet Samsung dan sebuah Xbox Kinect yang disesuaikan untuk menganalisis gerakan tangan dan mengubahnya menjadi perintah untuk motor.
Versi baru menggunakan sebuah headset wireless Emotiv EPOC, resolusi tinggi akusisi neuro-sinyal dan perangkat pengolahan.
Dalam wawancara dengan CNet, Whurley menjelaskan: “Headset ini mengirimkan sinyal dari otak pengendara melalui konektor USB yang dilengkapi dengan headset. Dari sana, software antara papan dengan motor listrik dihubungkan melalui “phidget”, yang pada dasarnya merupakan plug-and-play, USB pengindraan yang murah dan unit kontrol.
Selain mampu menyeimbangkan, ini merupakan satu-satunya bentuk lain dari pelatihan mengikatkan gelombang otak ke software.
Whurley berkata: ‘headset dilatih untuk pengendara – dalam hal ini saya – sehingga setelah beberapa percobaan, maka dibuat profil cara pengendara “berpikir” dengan komputer. Profil tersebut kemudian dapat dimuat di papan. Karena otak setiap orang berbeda, Anda tidak bisa memiliki satu profil untuk memerintah smua papan. ‘
Masalah yang muncul yaitu si pengendara skateboard harus benar-benar menjaga pikiran mereka selama menggunakan skateboard ini karena kemudi ada pada pikiran pengguna. Jika Anda mulai berpikir tentang makan siang, atau tugas-tugas Anda mungkin harus melakukannya ketika perjalanan sudah berakhir.