Air Terjun dan Sungai Berdarah

Posted by chuppy Senin, 05 Maret 2012 0 komentar
Apa yang Anda pikirkan jika melihat sebuah air terjun dan sungai berwarna merah darah?Itulah yang terjadi di dikutub selatan dan dicina, fenomena ini terjadi karena suatu hal yang mempengaruhi air tersebut sehingga berwarna merah darah. Apa penyebabnya??berikut penjelasannya.
1.Air Terjun Darah
Fenomena alam berupa sebuah sumber air berwarna merah yang mengalir pada sebuah air terjun terjadi di sebuah Gletser di Antartika tepatnya di lembahMc Murdo wilayah kutub selatan. setelah diselidiki, ternyata warna merah itu berasal dari kumpulan mikroba kuno yang sudah terkurung Kira-kira 2 juta tahun yang lalu di Gletser Taylor, dan mikroba tersebut terisolasi disana dibawah lapisan es yang sangat tebal secara alami, berkembang secara independen mikroba ini hidup tanpa cahaya, panas dan oksigen, dan disana mereka terperangkap pada suatu kondisi salinitas yang sangat tinggi dan kaya akan zat besi sehingga memberikan warna yang merah sama dengan zat besi dalam darah. Dan Air terjun ini terjadi karena adanya sebuah celah dari gletser tersebut yang memungkinkan air subglacial tersebut keluar, membentuk air terjun tanpa mencemari ekosistem didalamnya
2.Sungai Darah

Sungai darah terjadi pada sebuah sungai di Luoyang, Cina. Sungai yang bernama Jian itu seluruhnya berwarna merah seperti darah. Setelah diselidiki, ternyata warna merah darah itu berasal dari limbah dua buah pabrik yang bercampur. Dua perusahaan itu pun dituduh telah memproduksi pewarna merah untuk pembungkus kembang api secara ilegal. Tidak hanya itu, disana juga ditemukan kandungan logam berat dan elemen beracun.