Taman Ujung Sukasada (Sukasada Water Palace)

Taman Sukasada (Sukasada Water Palace) merupakan salah satu Istana Air peninggalan Raja terakhir Karangasem I Gusti Bagus Jelantik yang dibangun pada tahun 1919. Taman yang terletak sekitar 85 km ke arah timur dari Bandara Ngurah Rai ini dahulu digunakan sebagai tempat untuk menyambut dan melayani para tamu penting kerajaan dari negara-negara tetangga disamping juga sebagai tempat untuk Raja dan Keluarganya.

Komplek Taman Sukasada ini merupakan perpaduan antara arsitektur Bali, Cina dan Eropa dan berdiri di lahan seluas 9 hektar. Terdapat 3 kolam besar dan luas di dalamnya dimana ditengah kolam utama terdapat bangunan yang menghubungkansisi kolam dengan 2 jembatan. Selain kolam, terdapat juga beberapa Balai yang dibangun ditengan-tengah kolam seperti salah satunya adalah Balai Gili dimana kita bisa melihat foto-foto Raja karangasem beserta anggota keluarga kerajaan serta terdapat juga foto-foto suasana Taman Ujung pada tempo dulu.

Pada tahun 1963, Taman ini rusak akibat letusan Gunung Agung di Karangasem ditambah lagi gempa pada tahun 1976 yang meluluhlantahkan Seririt, Singaraja ikut memperburuk keadaan bangunan ini. Akhirnya pada tahun 1998 secara bertahap Taman ini mulai diperbaiki sampai selesai di tahun 2004 serta akhirnya dibuka kembali untuk umum.

Ada satu lagi hal menarik di taman ini, jika cuaca sedang cerah maka kita dapat melihat birunya langit, indahnya lautan berdampingan dengan Taman ini serta pemandangan Gunung Agung yang jelas dan Gunung Rinjani di Lombok yang tampak dikejauhan. Jika ingin melihat Taman ini secara keseluruhan maka datanglah ke Balai Kapal yang merupakan bangunan yang paling tinggi di Taman ini dimana kita bisa melihat indahnya bangunan ini secara keseluruhan. Hanya dengan tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah saja kita bisa menikmati kebesaran dan kemegahan peninggalan sejarah Water Palace Sukasada.